Tips Biar Gak Gampang Baper

Baper, apa itu baper? Baper merupakan singkatan dari “Bawa Perasaan”. Istilah ini kerap kali diucapkan kepada orang yang mudah sekali marah, gampang sedih dan lain sebagainya. Berbicara mengenai baper, maka siapa saja bisa mendadak menjadi baper (bawa perasaan) termasuk kamu, iya kamu. Tidak peduli apapun jenismu, mau kamu cewe ataupun cowo, kamu akan sangat mudah mendadak jadi baper.

Baper sendiri dapat menimbulkan beberapa efek diantaranya adalah membuat emosi menjadi tidak stabil, hilang mood, menjadi gelisah, menangis dan teringat luka lama. Maka dari itu secara psikologi gampang baper ini juga tidaklah baik karena bisa memabahayakan kestabilan jiwa seseorang. Lalu bagaimana supaya tidak gampang baper? Caranya gampang. Kamu hanya perlu lakukan ini agar tidak jadi baperan lagi.

  • Menjadi Diri Sendiri

Kunci paling utama supaya tidak gampang baper adalah dengan menjadi diri sendiri. Ketahuilah bahwa apa pun yang terjadi jangan sampai meninggalkan identitasmu. Beberapa orang sengaja merubah sifat diri sendiri hanya karena ingin diterima di sebuah kelompok pertemanan atau ingin dekat dengan seseorang yang spesial. Ini sama saja dengan membohongi diri sendiri loh. Meskipun banyak orang yang tak suka, tetapi kamu adalah individu yang berharga.

  • Pintar Menyaring Komentar

Tidak semua komentar dari orang lain itu harus kamu ambil ke hati loh. Bisa-bisa kamu jadi baper karena ada komentar yang menyakitkan. Salah satu cara supaya tidak baper adalah pintar-pintar menyaring komentar yang diberikan orang lain. Bagi komentar tersebut menjadi dua tipe, yaitu positif dan negatif. Jika komentar negatif yang disampaikan ternyata bertujuan untuk mengubahmu menjadi lebih baik bisa dijadikan refleksi diri. Kalau yang tidak penting? Langsung buang jauh-jauh dari pikiranmu deh.

  • Jangan Pikirkan Kata Orang

“Kenapa kamu tidak pakai baju warna merah? Padahal lebih cocok loh”. Apakah kamu pernah mendapat komentar yang mirip dengan ilustrasi tersebut? Orang lain memang berhak menyampaikan pendapat, tapi kalau kamu memang suka warna merah, ya apa boleh buat? Kamu adalah orang yang paling kenal dengan dirimu sendiri dan orang yang paling tahu apa yang kamu inginkan. Jadi, jangan sering-sering memikirkan perkataan orang lain yah.

  • Masalah yang Berlalu, Biarkan Berlalu

Memiliki masalah di masa lalu bukanlah sebuah kesalahan. Jadikan itu sebagai pelajaran supaya kamu tidak berputar-putar di lingkaran yang sama. Namun, melupakan masalah yang sempat terjadi di masa lalu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan waktu untuk proses pemulihan. Yakinkan dirimu bahwa kamu adalah pribadi yang baik, hari ini dan seterusnya. Terus melangkah maju supaya tidak baperan.

  • Tidak Mudah Membuat Kesimpulan

Ayo ngaku… Apakah kamu orang yang gampang menyimpulkan sesuatu? Misalnya di hari itu temanmu tiba-tiba menjadi pendiam dan tidak mau berbicara denganmu. Lalu kamu menyimpulkan bahwa dia sedang marah kepadamu. Padahal belum tentu. Bisa jadi dia sedang ada masalah pribadi yang tidak bisa dia ceritakan kepadamu dan masih banyak kemungkinan lainnya. Mudah menyimpulkan sesuatu bisa menjadi pemicu gampang baperan loh. So? Buang jauh-jauh sifat seperti ini yah.

Itu dia beberapa cara ampuh supaya kamu tidak gampang baper. Semoga tips di atas bisa membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi yah. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baju Couple & Satuan

Beli baju couple dan satuan, pilih desain dan warna sesukamu

Beli Sekarang

Baju Komunitas & Konveksi

Pesan baju untuk perusahaan dan komunitasmu. GRATIS desain!

PESAN SEKARANG