Tips Merawat Kaos Dan Sablon Kaos

Supaya kaos kesayangan kamu awet dan tahan lama, berikut tips cara merawat kaos dan sablon kaos:

  • Pisahkan kaos dengan jenis lain saat di cuci

Cara yang paling benar sebelum mencuci kaos adalah dengan memilah kaos dan jangan cuci kaos dengan jenis pakaian lainnya secara bersamaan. Hal itu dilakukan karena jika Anda mencuci semua pakaian secara bersamaan, bukan hanya sablonannya yang bisa rusak tetapi kaosnya pun bisa ikut rusak. Apalagi jika Anda mencuci bersamaan dengan celana jeans atau pakaian yang berbahan keras dan kasar.

Selain memisahkan antara kaos dengan pakaian lainnya, pisahkan pula antara warna putih dengan warna kaos yang lainnya. Selalu pisahkan kaos putih dengan kaos warna-warni untuk menghindari kaos sablon Anda terkena luntur dari kaos berwarna.

  • Tidak merendam kaos terlalu lama

Ketika akan mencuci kaos biasanya yang dilakukan adalah merendamnya terlebih dahulu dengan air deterjen. Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk merendam kaos pada air deterjen tersebut? 1 jam? 2 jam? Atau sampai semalaman? Tahukah Anda, sebenarnya untuk menjaga kaos sablon agar tetap awet, jangan rendam kaos terlalu lama, cukup 30 menit saja, terutama untuk kaos yang menggunakan jenis sablon Rubber. Jika terlalu lama, permukaan sablon akan mudah lepas karena pengaruh air dan sabun. 

Selain itu hindari juga penggunaan deterjen yang berlebihan. Banyak orang berpikir jika semakin lama merendam kaos dengan penggunaan deterjen yang banyak akan membuat kaos menjadi semakin bersih. Kenyataannya, hal berlebihan tersebutlah yang membuat kaos menjadi cepat rusak. Merendam terlalu lama membuat sablonan cepat mengelupas. Penggunaan deterjen terlalu banyak akan meninggalkan residu deterjen pada kaos dan akan sulit untuk dibilas. Jadi rendam dengan waktu yang pas dan pada air deterjen yang secukupnya.

  • Hindari menyikat dan memeras terlalu keras

Salah satu cara untuk menjaga kaos sablon agar tetap awet adalah dengan tidak menyikat kaos pada saat proses mencuci. Menyikat kaos sablon sama dengan merusak kaosnya, jadi agar tetap aman dan awet, kucek kaos dengan tangan saja secara perlahan untuk menjaga sablonannya agar tidak rusak. Hal ini amat sangat perlu Anda perhatikan pada saat mencuci. Jika menemukan noda yang baru menempel maka segera lah bersihkan agar tidak perlu menyikatnya. 

Selain menyikat, biasanya kita pun memeras, memelintir, atau menarik pakaian sebelum dijemur yang tentu menjadi hal wajib. Fungsinya agar air yang menempel pada kain kaos dapat keluar terlebih dahulu. Dengan demikian tentu proses pengeringan ketika dijemur akan lebih mudah bukan? Tapi, kamu harus ingat. Cara mencuci kaos sablon itu ialah dengan Memeras dengan lembut dan penuh perasaan. Hindari pula perasan pada bagian sablon, karena akan dengan mudah merusak atau memecahkan gambar pada kaos.

  • Hindari mencuci dengan mesin cuci

Dengan sikat saja sudah bisa merusak kaos, apalagi jika mencuci kaosnya dengan mesin cuci. Mencuci kaos dengan mesin cuci akan membuat kaos dan sablonnya cepat sekali rusak, karena putaran pada mesin cuci yang kencang akan membuat kaos juga menjadi cepat terlihat lusuh. Cara mencuci kaos yang baik itu sebenarnya yang di kucek saja dengan tangan secara perlahan.

  • Jangan menjemur langsung dibawah sinar matahari

Sebaiknya letakkan kaos yang kamu cuci di tempat yang redup dan tidak langsung terpapar dengan matahari panas. Sinarnya yang terik jelas akan dengan mudah merusak warna pada kaos favorit kamu lho. Jadi, dingin selalu lebih baik kan untuk kain?

  • Hindari bahan pemutih yang keras

Cairan pemutih pakaian tidak direkomendasikan penggunaannya pada kaos berwarna. Sebab zat kimia yang ada di sana akan dengan mudah membuat warna kaos memudar, sablon terkelupas, dan menipiskan kain.

  • Hindari pemakaian hanger saat menjemur

Hanger atau gantungan baju sebaiknya kamu pakai hanya untuk kemeja atau kaos berkerah saja. Jangan digunakan pada kaos kesayangan. Kenapa? Karena salah satu cara merawat kaos agar tidak melar adalah dengan tidak menggantungnya di hanger, apalagi ketika basah. Ketika kamu memaksakan memakai hanger, pertama, kamu akan memasukan gantungan tersebut lewat kerah secara paksa. Kedua, ketika dalam posisi basah, beban air yang turun ke bawah akan membuat kaos kamu longgar dan tertarik. Semakin sering dipaksakan tentu akan membuat kerahnya menjadi longgar dan tak elok dilihat.

  • Agar awet jangan dipakai tidur

Kadang saking sayangnya kamu pada kaos, sampai-sampai tidur pun harus kamu pakai. Ya kan? Tapi hal itu tidak baik lho. Saat tidur badan kita tanpa sadar akan mengeluarkan banyak keringat. Cairan itulah yang justru akan merusak pakaian dan mebuatnya semakin kotor. Alhasil kaos favorit kamu jadi mudah memble.

  • Segera cuci apabila kaos terkena noda

Semua orang setuju jika kaos adalah salah satu pakaian yang paling nyaman digunakan untuk segala acara dan kapanpun juga dimanapun. Kaos memang pakaian yang nyaman untuk digunakan baik dirumah maupun untuk keluar rumah. Terkadang ada saja noda yang tidak sengaja menempel pada kaos ketika kita sedang berkegiatan terutama jika sedang makan. Baik noda saus ataupun noda kecap.

Jika ada noda yang ditemukan di kaos, segeralah bersihkan. Jangan menunggu lama hanya untuk membersihkan noda tersebut karena semakin lama Anda membersihkannya, noda akan semakin sulit untuk hilang dan terpaksa harus disikat agar bersih. Lalu jika sikat untuk membersihkan noda terkena sablon, maka sablonnya menjadi cepat mengelupas. Jika noda pada kaos putih pun jangan gunakan pemutih untuk membersihkannya, gunakan pemutih alami agar lebih aman 

  • Setrika setelah cuci – jemur dengan hati-hati

Setelah kaos kering biasakan untuk segera menyetrika kaos, menyetrika kaos akan membuat permukaan kaos tetap terjaga bentuknya. Namun perlu Anda perhatikan ketika menyetrika kaos, selalu hindari menyetrika bagian sablonnya. Hanya setrika melalui lapisan dalam saja atau dengan cara dibalik, jika memang diperlukan atau jika pada bagian sablonnya terlihat kusut. 

Sebenarnya cara untuk menjaga kaos sablon tetap awet itu sangat mudah, yang sulit adalah konsistensi dalam menjaga kaos. Semoga info ini dapat bermanfaat dan menambah informasi tentang menjaga kaos bersablon yang benar dan membuat kaos sablon yang Anda miliki menjadi tetap awet. 

One thought on “Tips Merawat Kaos Dan Sablon Kaos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baju Couple & Satuan

Beli baju couple dan satuan, pilih desain dan warna sesukamu

Beli Sekarang

Baju Komunitas & Konveksi

Pesan baju untuk perusahaan dan komunitasmu. GRATIS desain!

PESAN SEKARANG